Rabu, 11 September 2013

youtube-dl di openSUSE

hay, gak tau nih akhir-akhir ini gue sering nantangin diri gue sendiri buat bilang "kalo ada paket debian based, kenapa gak buat yang lain? kalo gak ada mari tantang mereka membuatnya" hahaha pas kemaren aja gue ngabisin 2 hari 2 malam gak tidur karna tertarik banget sama everpad (alternative-nya evernote) kok bisa jalan di ubuntu. gue gak mau kalah dan akhirnya kalah juga pas baca di forum ternyata udah 2 bulan si pembuat source gak nanggapi keluhan, dan belum ada solusinya T.T . kok malah curhat haha yaudah kita mulai pembahasannya, pasti kalian suka download video di youtube kan? aplikasi apa yang kalian pake? youtube downloader, xdm, idm dan lain lainnya. nah pernahkah kalian berpikir buat download video di youtube lewat terminal linux kalian? HAAAAH, WHAAATSSS!!! gak usah lebay gitu deh. kenapa gue bahas itu, soalnya gue baru baca lagi catetan gue pas dulu masih belajar linux. sekitar tahun 2010. nah di situ tertera cara download linux via terminal di ubuntu. nah berarti udah beda dengan distro yang gue pake kali ini(openSUSE), trus juga biasanya ada development yang gak menyertakan sourcenya. gue cari dan mencari akhirnya tertujulah google ke situs ini http://rg3.github.io/youtube-dl/download.html oke kita langsung menuju caranya (lakukan di root) :

wget http://youtube-dl.org/downloads/2013.08.14/youtube-dl -O /usr/local/bin/youtube-dl
chmod a+x /usr/local/bin/youtube-dl

kalo kamu udah install python lakukan ini :

pip install --upgrade youtube_dl

kalo sudah, kita buka browser jagoan kita, copy paste link video yang mau kita download tersebut contoh youtube-dl http://www.youtube.com/watch?v=NjJ5PNAHHRw (video clipnya scandal :) )

 tungguin deh sampe beres :)


semoga bermanfaat

Tidak ada komentar: