Minggu, 29 September 2013

Membuat sketsa dari Foto Pribadi di GIMP

Mulai hari ini akan ada sesi tutorial di blog gue, kenapa? karna ade gue yang manis, lagi mau belajar cara make GIMP :D. berhubung gue baik akhirnya gue bikinin. lagian dia tinggal gak serumah tapi udah beda rumah, untuk pelajaran pertama. kita belajar cara membuat sketsa. oh ya, kalo nanya kenapa gue make GIMP, jawaban simple: gue miskin dan gak sanggup beli Photosop yang mahal itu.
ini yang akan kita buat:

okeh kita mulai.
pertama buka GIMP dulu, cari di menu


pilih foto yang akan dijadikan objek untuk membuat gambar sketsa. (ya ya gue tau, gue terlalu narsis menggunakan foto sendiri, belum punya model buat gambar baru)

kita langsung duplicate gambar. ada 3 cara menduplicate gambar, dengan cara:
1. klik tab layer | Duplicate layer
2. klik kanan di gambar pada layer | pilih Duplicate layer(seperti gambar dibawah ini) atau
3. shift + ctrl + D


pilih layer yang sudah di duplicate kemudian klik tab menu colors | Desaturate. untuk membuat gambar menjadi hitam putih. pada jendela desaturate pilih lightness. klik ok 



 Duplicate kembali gambar yang sudah menjadi warna hitam putih dan lakukan invert untuk membuat gambar seperti negative film pada layer dupicate copy dengan klik menus color | invert

 (hasil sesudah di invert)

waktunya memberi efek blur, klik tab menus Filters | blur | Gaussian blur. 
pada jendela gaussian blur, kamu dapat memberikan nilai horizontal (20) dan Vertikal (20) suka sukalah :)


 (hasil setelah di blur)

jangan lupa mengubah nilai layer yang tadinya normal ke Dodge pada jendela dengan cara klik kiri.
 
 (selesai)
gimana pelajaran pertama kali ini? mudahkan :) tetap berlatih ya 

Tidak ada komentar: