Rabu, 17 April 2013

SUSE studio Imagewriter Alternatif unetbootin di OpenSUSE 12.3

selamat pagi hari-hari bahagia gue sama si tante suse makin hari makin mesra hanya saja ada yang kurang kalo lagi pacaran nih sama si tante :D kenapa? sudah jadi software pendukung yang namanya Unetbootin. what? gak tau unetbootin? unetbootin itu salah satu aplikasi yang membuat flashdisk menjadi instraler OS(linux, etc kecuali windows :P), akhirnya kembali buka yast & mencari di software management ternyata eh ternyata di repo lokal yang gue gunakan (kambing.ui.ac.id) belum tersedia :(, ya sudah akhirnya tidur lagi :D ya enggaklah, gue inget dulu pernah make software sejenis dengan nama Imagewriter di linuxmint 13 maya. karna tingkat kesotoyan makin tinggi akhirnya di ketiklah nama itu dan muncul.. deng deng "SUSE studio imagewriter" lanjut untuk diinstall sebenernya kita cuman klik nama software dan klik si accept :P. setelah proses instalasi selesai kita mulai saja pembuatannya :D

cakibrot:
pertama cari dulu si empunya software
 nah ini tampilan awalnya


setelah itu kita klik dan si software akan meminta password root kita, ini dikarenakan apakah kita punya hak untuk menggunakan software ini :) hahaha

 ini tampilan awal ketika sudah di klik

tampilannya sangat friendly user ya :)
setelah itu kita klik tulisan "Drag disk image here or click to select"
muncul kotak dialog ini 

pilih Image atau file (.iso) lalu open 
 nah nanti hasilnya akan seperti ini 

nah kalo sudah dari sampe sini kita tinggal klik "Write" aja 
 nah akan muncul kotak dialog yang menanyakan file ini akan di tulis di flashdisk kita. tentu saja kita akan klik oke kan (back-up isi flashdisk anda sebelum anda melempar saya menggunakan perangkat komputer anda karna data anda hilang)
nah setelah disini tinggal nunggu sambil minum kopi, sms pacar, makan camilan, ngerjain PR, suka suka andalah. :D jika sudah selesai di cabut dan flashdisk anda sudah siap diajak menyebar virus FOSS jeng jeng jengjeng :D

oh iya ada catatan nih:

saat gue coba untuk membuat live usb UE3.4 dan 3.5 terjadi hal seperti ini
pertama gue mikir, jangan-jangan dikhususkan untuk openSUSE doang lagi? ternyata enggak, gue membuat live IGN, Blankon, linuxmint, bodhi, dan pear lancar jaya :D, mungkin UE 3.4 dan 3.5 sedang lelah :D hahahaha..

ps: gue udah bisa install unetbootin, sourcenya nyari di google :D linknya http://software.opensuse.org/package/unetbootin ternyata mengganti repo default dengan repo lokal ada kelebihan dan kekurangannya ya :(

okeh akh, nulis jam segini membuat saya lapar.. makan dulu ya :D

Tidak ada komentar: