Selasa, 11 Juni 2013

conky di openSUSE 12.3 dan lika liku settingnya

*referensi tulisan ini berawal dari sebuah kunjungan saya ke blog ini opensuse-user

akhirnya bisa update blog lagi karna tadi pagi ada oprekan makanya langsung diupdate biar gue gak lupa sekaligus berbagi :)
okeh oprekan gue adalah Conky di openSUSE 12.3 KDE. memang memang install conky itu mudah sangat mudah malah tapi itu pas masih make DE (Desktop Environment) gnome dan mate. karna gue lagi make DE KDE, dan gue belum pernah install di KDE jadinya rada bingung. okeh kita mulai :)


1. kita musti install conky dulu
versi GUI
buka YAST > software management > ketik "conky" (tanpa tanda kutip) ceklist 

(Proses instalasi conky)
versi Terminal
A. Buka Terminal, lalu ketik perintah berikut :
sudo zypper install conky
B. Konfirmasi instalasi dengan menekan tombol Y, tunggu sampai instalasi selesai

2. setelah di install tentu kita ingin lihat apakah conkynya sudah jalan apa belum? ye kan? hahaha okeh kita buka terminal lagi, kalo yang udah buka terminal lanjut aja ketik ini conky
contoh: nayumi@linux-mo8l:~> conky
Conky: unknown variable weather
Conky: desktop window (2200188) is subwindow of root window (ab)
Conky: window type - normal
Conky: drawing to created window (0x4c00002)
Conky: drawing to double buffer
Fontconfig warning: "/etc/fonts/conf.d/56-user.conf", line 9: reading configurations from ~/.fonts.conf is deprecated.



dari sini kita sudah sukses install conky loh :)

langsung deh lihat desktopnya

(conky-nya masih bawaan standar dan backgroundnya hitam)


karna conky-nya kurang indah (bukan kurang deng, tapi enggak banget), maka gue memilih conky-lua yang kayak gini
(cocokkan buat sikadal)

gue gak usah download lagi karna udah ada stok sendiri :v bagi kamu-kamu yang mau bisa download via terminal dengan cara:
  • cd && wget -O lua-noobslab-green.zip http://goo.gl/03WzC
  • unzip lua-noobslab-green.zip && rm lua-noobslab-green.zip
nah setelah di install pasti udah kebayangkan bentuknya bakal kayak gimana? mesem-mesem dulu ah :D
(loh loh kok gak transparan ya?)

nah disitulah yang membuat gue pusing kenapa gak seperti ubuntu atau Distro lain yang menggunakan DE Gnome atau Mate seakan-akan mudah gitu. tapi disinilah letak kita harus belajarnya.. langsunglah  gue buka google langsung search dengan keyword "how to install conky on KDE" dan langsung memilih situs yang ditunjuk paling atas oleh mbah gugel adalah 
grandiyf.wordpress.com (sungguh situs yang kurang beruntung karna dikunjungi gue :v ) dari situ gue baca-baca ternyata kita musti install feh dulu. 

apa itu feh? feh is a lightweight and powerful image viewer that can also be used to manage the desktop wallpaper for standalone window managers lacking such features. (mohon artiin sendiri :v)

karna udah semangat buat ngoprek si conky akhirnya lanjut terus deh. setelah mengikuti cara yang ada di blog tersebut kok gak berhasil juga semua yang diperlukan gue ubah. ternyata gagal juga. akhirnye buka gugel lagi dapet referensi ke blog ini mylinuxexplore.blogspot.com
dipraktekanlah ilmu disana walau sudah pasrah :v 
gue musti edit :

own_window yes
own_window_type override
own_window_transparent yes
own_window_hints undecorate,sticky,skip_taskbar,skip_pager,below

ngubah ini own_window_type ke normal dan nambahin
own_window_argb_visual yes

dan akhirnya saudara-saudaraku tercinta hasilnya adalah jeng jeng jeng belom deng :v 
kan gue belom buka terminal setelah mengetik conky akhirnya sukses juga :D

(wallpaper langsung diganti biar berasa merayakan kemenangan)

selesai deh :) 
ya belumlah kan kita belum biar conky-nya autostart jadi gak usah buka-buka terminal kalo mau jalanin conky, caranya: 
1. buka sebuah teks editor (kebetulan gue make kwrite).
2. lalu kopikan teks berikut pada teks editor :
#!/bin/bash
sleep 30 && conky ;
3. save dengan nama .conky.sh di tempat yang gampang di temukan, seperti di /home//bin
4. pindahkan file tersebut ke direktori ~/.kde4/Autostart

beres deh :) kita tinggal logout dan login untuk melihat hasilnya :)



Tidak ada komentar: